You are currently browsing the monthly archive for Juni 2009.


Create your own at MyNiceSpace.com

insomnia

Pasti banyak yang nggak asing ladi sama insomnia. Mungkin ada yang berpikir dengan susah tidur, berarti waktu kita lebih banyak untuk melakukan aktifitas lainnya. Salah, lagi. Lagipula, Insomnia nggak baik untuk kesehatan. Jadi, jangan dianggap sepele.

Insomnia nggak berarti kesulitan tidur. Tapi juga, kesulitan untuk tetap tidur dalam waktu yang layak. Walau yang hilang saat terkena insomnia hanya waktu tidur, tapi buat kedepannya bisa merembet ke kerugian yang lain. For one thing, insomnia bisa mempengaruhi tingkat energi kita. Gimana nggak kalo dengan tidur bisa terisi ulang. Ini berarti, dengan mengalami insomnia kita nggak mendapat refill energi yang cukup.

Nah, dari kurangnya energi, bisa merembet pula jeleknya mood dan menurunnya kerja otak. Mood swings udah pasti akrab sama penderita insomnia. Dikit-dikit pengen marah. Dan, daya konsentrasinya pun bisa berkurang. Akibattnya, pekerjaan yang harus diselesaikan jadi kurang optimal juga.

Trus apa penyebab insomnia?

Secara umum ada 2; pertama, minuman atau obat yang kita konsumsi. Biasanya produk pelangsing, kopi, dan minuman penambah energi mengandung stimulan seperti kafein yang bisa menyebabkan sulit tidur. Selain itu, kondisi psikologis seperti stress, depresi dan kegelisahan, juga bisa jadi penyebab penyakit ini. Terlalu banyak memikirkan masalah kuliah atau masalah lainnya, juga bisa menyulitkan kita untuk rileks. Jadi, kalo punya maslah yang ngeberatin pikiran, mending dicurhatin ke temen, orang tua, atau siapapun. Jangan lupa luangin waktu juga untuk bersantai dari rutinitas. Karena rasa bosan yang mendalam, juga bisa menjadi penyebab insomnia.

Ada beberapa tips biar gampang tidur. Antara lain minum susu hangat karena mengandung banyak tryptophan, zat sedatif alami. Lebih bagus lagi, tambahkan madu untuk mempercepat masuknya tryptophan ke dalam sistem tubuh.

Buat yang suka aromatherapy, bisa juga nyalain lilin atau berendam dengan bath oil beraroma lavender. Konon, bunga lavender sangat efektif untuk membuat syaraf-syaraf lebih rileks.

So, buat kalian yang jam tidurnya kurang dari 8 jam sehari, mulai deh coba tips-tips di atas tadi. Kalo belum berhasil juga, lanjut ke dokter.


Create your own at MyNiceSpace.com

Iklan


Create your own at MyNiceSpace.com

angin duduk

Pasti udah nggak asing kan sama yang namanya masuk angin?Tapi, gimana dengan namanya angin duduk? Walaupun namanya mirip, tapi bedanya jauh. Kalo masuk angin dikerok juga sembuh.Angin duduk,bisa berbuntut kematian.Nah loh!

Tau kan gimana rasanya kalo masuk angin?Pusing,mual,kembung,badan pegal dan meriang.

Sebenernya, yang namanya masuk angin itu, nggak secara harafiah disebabin oleh angin yang bertiup. Masuk angin itu adalah istilah yang kita kenal untuk istilah medisnya gejala flu. Biasanya, disebabkan oleh daya tahan tubuh yang melemah, dan bereaksi nggak bagus terhadap perubahan cuaca dan udara sekita.

Umumnya, masuk angin emang jadi tanda-tanda kalo mau flu. Tapi, bisa juga indikator awal infeksi virus. Seperti virus demam berdarah dan hepatitis. Begitu pula dengaan angin duduk.

Angin duduk adalah istilah yang dikaitkan dengan Sidrom Serangan Jantung Koroner Akut (SSJKA). Gejala-gejalanya, emang kayak masuk angin. Jadi, cenderung banyak yang salah sangka dan menyelepekannya.

Bedanya, pada pada kasus angin duduk, gejala masuk angin disertai dengan bulir-bulir keringat besar, sesak nafas, nyeri di bagian hulu hati yang diikuti oleh mual bahkan muntah. Dan terkadang, keluhan nyeri itu juga menyerang ke bagian rahang.

Penyempitan

Tapi, masa gara-gara perubahan cuaca aja, bisa gawat akibatnya?

Well, angin duduk itu disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah di jantung (vasokonstriksi). Penyempitan itu, bisa terjadi karena adanya timbunan lemak dalam pembuluh darah. Jadi, hati-hati buat yang suka mengkonsumsi makanan berkolesterol tinggi. Selain itu, bisa juga terjadi karena sumbatan oleh sel darah beku, dan adanya infeksi pada pembuluh darah. Logisnya, kalo pembuluh darah kita menyempit, kadar oksigen yang masuk ke jantung pun berkurang. Nah, gejala nyeri di dada tadi itu disebabkan oleh nggak seimbangnya oksigen yang masuk dengan oksigen yang keluar.

Rajin check-up

Kalo udah ngerasain gejala angin duduk ini, harus buru-buru ditangani, penderita bisa meninggal antara 15-30 menit setelah rasa nyeri pertama. Penyumbatan pada pembuluh darah, bisa ditangani dengan obat anti platelet (sel pembeku darah). Sementara untuk mengantisipasi nggak seimbangnya kadar oksigen, bisa pake obat anti koagulan. Tapi, berhubung angin duduk bukan masalah sepele, jalan keluar terbaik adalah langsung cabut ke rumah sakit yang punya bagian penanganan khusus jantung. Dan kalo ngikutin pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati, mending kita : pertama, mulai perhatiin makanan yang dikonsumsi. Dan kedua, rajin-rajin medical check-up. Terutama, jantung. Inget, yang satu ini nggak bakal sembuh dengan sekadar dikerok doang!


Create your own at MyNiceSpace.com

bumi

<img class="alignleft size-full wp-image-82" Berhenti risau, banyak hal bisa kita lakukan untuk memelihara bumi kita satu-satu-satunya ini.

* Matikan listrik. (Jika tidak digunakan, jangan tinggalkan alat elektronik dalam keadaan standby. Cabut charger telepon genggam dari stop kontak). Meski listrik tak mengeluarkan emisi karbon, pembangkit listrik PLN menggunakan bahan bakar fosil penyumbang besar emisi.

* Ganti bohlam lampu (kejenis CFL, sesuai daya listrik. Meski harganya agak mahal, lampu ini lebih hemat listrik dan awet).

* Bersihkan lampu (debu bisa mengurangi tingkat penerangan hingga 5%).

* Jika terpaksa memakai AC (tutup pintu dan jendela selama AC menyala. Atur suhu sejuk secukupnya, sekitar 21-24 derajat celius).

* Gunakan timer (untuk AC, microwave, oven, magic jar, dll).

* Alihkan panas limbah mesin AC untuk mengoperasikan water heater.

* Tanamlah pohon di lingkungan sekitar anda. Jangan menebang pohon, tebang saja batangnya yang rapuh, tapi jangan pohonnya.

* Jemur pakaian di luar. Angin dan panas matahari lebih baik ketimbang memakai mesin (dryer) yamg banyak mengeluarkan emisi karbon.

* Gunakan kendaraan umum (untuk mengurangi polusi udara).

* Hemat penggunaan kertas (bahan bakunya berasal dari kayu).

* Say no to plastic. Hampir semua sampah plastik menghasilkan gas bahaya ketika dibakar. Atau anda juga dapat membantu mengumpulkannya untuk didaur ulang kembali.


Create your own at MyNiceSpace.com

Stop20Smoking_Full

Yang ini, emang nggak termasuk psikotropika. Tapi, bukan berarti bahayanya lebih kecil. It’s only about time this thing will kill you. So, kenapa nunggu lama untuk berhenti?

Merokok udah bukan hal aneh disekeliling kita. Bahkan bisa dibilang, udah jadi budaya “wajib” dimana-mana yang nggak kenal wilayah.

Meski akibatnya udah terpampang jelas dibungkusnya dan juga fakta kematian akibat jantung koroner merupakan salah satu yang tertinggi didunia tetep nggak menbuat smokers bergeming.

Well, bukan perkara mudah emang untuk berhenti,. Karena yang udah mencobanya pun nggak segampang itu. Tapi, bukan berarti nyerah begitu aja. Coba deh lakuin hal-hal di samping berikut.

  1. Tentuin tanggal kapan mau berhenti merokok, dan lakuin tanpa ragu. Berhenti hari itu juga jangan sentuh rokok sedikitpun. Niat berhenti secara bertahap? Well. Tingkat kegagalan masih tinggi.
  2. Hari-hari awal adalah yang terberat. Jadi, jangan lupa disiplin sama niat, dan alihkan perhatian dengan mengunyah permen sugar free dan banyak –banyak minum air putih.
  3. Tulis motivasi dan alasan-alasan untuk berhenti. Kalo perlu, minta bantuan orang sekeliling untuk mengingatnya.
  4. Hindari tempat yang banyak perokoknya. Kayak tempat dugem, bar dan lain sebagainya.
  5. Yakinkan diri sendiri kalo uang yang biasa dipake untuk membeli rokok, bisa jadi hal yang lebih bermanfaat.


Create your own at MyNiceSpace.com

lmp mrh

Lampu lalu lintas berwarna merah, kuning, dan hijau.Warna hijau artinya boleh jalan, merah artinya berhenti, dan kuning artinya hati-hati. Ketika manusia membuat jalan kereta api, sebenarnya warna hijau berarti berhenti, warna putih berarti boleh jalan. Tapi dikarenakan warna putih sangat mudah dikaburkan dengan sinar-sinar lain, akhirnya kode lalu lintas ini pun diubah menjadi hijau untuk jalan dan merah untuk berhenti. Lalu mengapa merah artinya berhenti? Karena warna merah dapat memberi kita suatu perasaan tegang dan tidak aman. Selain itu, meskipun dari jarak yang jauh, warna ini tetap saja bisa kita liat dengan jelas!