Create your own at MyNiceSpace.com

insomnia

Pasti banyak yang nggak asing ladi sama insomnia. Mungkin ada yang berpikir dengan susah tidur, berarti waktu kita lebih banyak untuk melakukan aktifitas lainnya. Salah, lagi. Lagipula, Insomnia nggak baik untuk kesehatan. Jadi, jangan dianggap sepele.

Insomnia nggak berarti kesulitan tidur. Tapi juga, kesulitan untuk tetap tidur dalam waktu yang layak. Walau yang hilang saat terkena insomnia hanya waktu tidur, tapi buat kedepannya bisa merembet ke kerugian yang lain. For one thing, insomnia bisa mempengaruhi tingkat energi kita. Gimana nggak kalo dengan tidur bisa terisi ulang. Ini berarti, dengan mengalami insomnia kita nggak mendapat refill energi yang cukup.

Nah, dari kurangnya energi, bisa merembet pula jeleknya mood dan menurunnya kerja otak. Mood swings udah pasti akrab sama penderita insomnia. Dikit-dikit pengen marah. Dan, daya konsentrasinya pun bisa berkurang. Akibattnya, pekerjaan yang harus diselesaikan jadi kurang optimal juga.

Trus apa penyebab insomnia?

Secara umum ada 2; pertama, minuman atau obat yang kita konsumsi. Biasanya produk pelangsing, kopi, dan minuman penambah energi mengandung stimulan seperti kafein yang bisa menyebabkan sulit tidur. Selain itu, kondisi psikologis seperti stress, depresi dan kegelisahan, juga bisa jadi penyebab penyakit ini. Terlalu banyak memikirkan masalah kuliah atau masalah lainnya, juga bisa menyulitkan kita untuk rileks. Jadi, kalo punya maslah yang ngeberatin pikiran, mending dicurhatin ke temen, orang tua, atau siapapun. Jangan lupa luangin waktu juga untuk bersantai dari rutinitas. Karena rasa bosan yang mendalam, juga bisa menjadi penyebab insomnia.

Ada beberapa tips biar gampang tidur. Antara lain minum susu hangat karena mengandung banyak tryptophan, zat sedatif alami. Lebih bagus lagi, tambahkan madu untuk mempercepat masuknya tryptophan ke dalam sistem tubuh.

Buat yang suka aromatherapy, bisa juga nyalain lilin atau berendam dengan bath oil beraroma lavender. Konon, bunga lavender sangat efektif untuk membuat syaraf-syaraf lebih rileks.

So, buat kalian yang jam tidurnya kurang dari 8 jam sehari, mulai deh coba tips-tips di atas tadi. Kalo belum berhasil juga, lanjut ke dokter.


Create your own at MyNiceSpace.com

Iklan